Info Terbaru 2022

Pengaruh Penggunaan Model Computer Assisted Language Learning (Call) Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Berguru Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Sma Negeri 5 Garut

Pengaruh Penggunaan Model Computer Assisted Language Learning (Call)
Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Berguru Pada Mata Pelajaran
Bahasa Inggris Di Sma Negeri 5 Garut
Pengaruh Penggunaan Model Computer Assisted Language Learning (Call)
Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Berguru Pada Mata Pelajaran
Bahasa Inggris Di Sma Negeri 5 Garut
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang:
 1) Pembelajaran memakai model CALL sanggup meningkatkan motivasi mencar ilmu siswa pada pembelajaranbahasa Inggris di SMAN 5 Garut.
2) Pembelajaran memakai model CALL sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu siswa pada pembelajaranbahasa Inggris di SMAN 5 Garut.
 3) Perbedaan peningkatan motivasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
 4)  Perbedaan peningkatan hasil mencar ilmu antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana Pengaruh Penggunaan Model Computer Assisted Language Learning (CALL) Terhadap peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengan Atas Negeri 5 Garut

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas,model CALL sangat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Proses mencar ilmu mengajar yang memakai model CALL akan lebih bervariasi, sehingga membangkitkan minat siswa untuk lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Pemanfaatan model-model pembelajaran hasil temuan para jago pendidikan belum dilaksanakan secara maksimal, khususnya oleh guru-guru di lingkungan SMAN 5 Garut. Hal tersebut sanggup dilihat dari silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun guru. Begitu pula pemanfaatan Teknologi Pembelajaran masih sangat terbatas. Semua itu disebabkan oleh banyak sekali hal, diantaranya faktor SDM guru dan sarana pembelajaran yang belum tersedia.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasi eksperiment. Sedangkan desain penelitiannya memakai penelitian dua kelompok dengan prates dan pascates. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 5 Garut, tahun pelajaran 2014-2015 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 364 orang. Sedangkan sampelnya yaitu kelas X8 dengan jumlah siswa 39 orang sebagai kelas kontrol, dan kelas X9 dengan jumlah siswa 39 orang sebagai kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil penelitian, didapat temuan-temuan informasi atau data terkait permasalahan yang diangkat dalam tesis ini sehingga sanggup disimpulkan bahwa:
1) Terdapat peningkatan motivasi mencar ilmu setelah dilakukan pembelajaran memakai model CALL.
2) Terdapat peningkatan hasil belajar  yang signifikan setelah pembelajaran memakai model CALL.
3) Terdapat perbedaan peningkatan motivasi mencar ilmu pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.
4)  Terdapat perbedaan peningkatan hasil mencar ilmu yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.

Kata kunci: model CALL,Motivasi, Hasil belajar, Bahasa Inggris.

Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90